06 Juni 2008

Konser Stardut Makin Semarak - Kiki dinobatkan sebagai bintang AFI Junior 2008 setelah menyingkirkan dua pesaingnya

Republika Kamis, 05 Juni 2008 - Jalan panjang menuju pedangdut Indosiar masih berliku. Sebanyak 30 pasang peserta yang lolos dari babak Cabut 2, kini bersaing kembali di babak lunjutan, yakni Incer 2. Jika lolos di babak ini, mereka mulai memasuki persaingan sesungguhnya, yaitu konser StarDut.

''Inilah babak sesunggunya, dan persaingan pun tentu semakin ketat,'' ujar Gufroni Sakaril, humas Indosiar. Menurutnya, para kontestan tidak hanya mengandalkan vokalnya saja, tapi juga aksi panggung mereka sangat mempengaruhi penampilan mereka secara keseluruhan.

Menurut Gufroni, aksi panggung para kontestan yang masuk ke babak Incer 2 ditayangkan Indosiar mulai 29 Mei hingga 15 Juni, setiap Kamis dan Ahad pukul 18.00 WIB. Dalam setiap episode babak ini akan dikompetisikan lima pasang peserta, yaitu anak beserta yah atau bunda dan hanya dua pasang peserta yang lolos ke konser Stardut. ''Konser Incer 2 ini berbeda dari sebelumnya, kelima peserta akan melewati dua tahap penyaringan,'' paparnya menjelaskan ketatnya seleksi yang diterapkan dalam kompetisi ini.

Tahap pertama yang harus mereka lalui, lanjut Gufroni, adalah menyanyi dangdut solo. Penampilan peserta akan dinilai oleh 100 orang juri votelock independen. Selanjutnya dua peserta yang mendapatkan nilai terendah hasil voting juri votelock akan tersisih dari konser dan tiga peserta dengan nilai tertinggi berhak masuk tahap ke dua.

Tahap kedua adalah tahap penentuan tiga peserta memperebutkan dua tiket menuju babak konser Stardut. Pada babak ini peserta ditantang untuk menyanyikan satu lagu dangdut berduet dengan salah satu artis dangdut papan atas, seperti Nelly Agustina, Iis Dahlia, Erni Abe, Cintia Sari, Benigno, Ira Swara, Saipul Jamil, Kristina, Erie Susan, dan Indra Bruggman.

Penampilan mereka juga dinilai oleh 100 orang juri votelock. Sementara ayah atau bunda setiap peserta diberikan kesempatan terakhir untuk memberikan promosi untuk anaknya. Dua pasang peserta dengan nilai tertinggi hasil voting berhak lolos ke babak berikutnya dan satu peserta dengan nilai terendah akan tersisih. Episode Incer 2 nantinya akan menghasilkan 12 pasang peserta yang lolos ke koser Stardut 2008.

Episode konser Stardut ini nantinya sepenuhnya akan ditayangkan langsung oleh Indosiar. ''Dari sinilah nanti diketahui siapa yang akan dinobatkan sebagai bintang Stardut Indosiar,'' kata Gufroni.

Juara AFI Junior
Masih di layar kaca Indosiar, Kiki dinobatkan sebagai juara AFI Junior 2008 setelah berhasil menyingkirkan dua pesaingnya, yaitu Cika dan Shana dalam babak grand final pada Ahad (1/6) lalu.

Bocah bersusia 10 tahun itu menunjukkan kebolehannya dengan membawakan lagu Kucinta Kau Apa Adanya di depan para juri. Olah vokal dan aksi panggungnya berhasil meyakinkan para komentator untuk menjadi bintang cilik dalam AFI Junior 2008. Bahkan dengan langkah mantap, Kiki berhasil meraih kemenangan mutlak atas dua pesaingnya, Cika dan Shana.

Menurut Gufroni, berbeda dengan sebelumnya, penilaian kali ini diberikan lewat voting 50 orang juri votelock yang kemudian ditambahkan dengan penilaian oleh para eksekutor yang terdiri dari Rieka Roeslan, Andre Taulany, dan Sophie Navita. ''Ketiga komentator/juri, yakni Rieka Roeslan memberi nilai sembilan, Andre Taulany memberikan nilai delapan, dan Sophie Navita memberi nilai tujuh, namun mereka tidak menyebut kepada siapa saja nilai itu diberikan,'' ujar Gufroni. (ruz )

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=336531&kat_id=383

Tidak ada komentar: