11 Juni 2008

Antv Suguhkan Reality Show yang Menyentuh

Namanya saja program reality show. Tayangan yang disuguhkan tentunya tak direkayasa atau dibuat-buat. Kejadiannya diambil dari keseharian, Apa adanya. Itulah yang tergambar dalam program reality show yang disajikan Antv seperti Bukan Pengamen, Aku Ingin Pulang, dan 10 X Kipat.

''Kami memang lebih memfokuskan pada program acara reality show bergenre sosial. Reality show yang lebih menyentuh dan unusual karena yang ditawarkan berkisah tentang masalah kehidupan keseharian yang ada ditengah masyarakat,'' ujar Mila Lubis, publicity Antv.

Reality show bertajuk Bukan Pengamen yang ditayangkan setiap Sabtu dan Ahad, pukul 16.30 WIB merupakan sebuah reality show yang bertujuan untuk memberikan uang belanja kepada seorang yang tidak mampu (kepala keluarga). Sehingga mereka bisa membeli makanan empat sehat lima sempurna untuk kebutuhan hidup keluarga mereka.

Caranya dengan menantang seorang selebriti untuk mengamen di manapun dan dengan cara apapun, sehingga si selebriti tersebut berhasil mengumpulkan sejumlah uang yang telah ditargetkan yakni Rp 200 ribu dalam jangka waktu satu jam. Apabila sang selebritis berhasil mengumpulkan sejumlah uang sesuai target, maka orang tersebut akan mendapatkan uang belanja sebesar Rp 3 juta, namun jika sang selebriti tidak berhasil maka orang itu hanya mendapatkan uang sejumlah Rp 1,5 juta.

Lain lagi dengan tayangan Aku Ingin Pulang setiap Sabtu, pukul 07.00 WIB. Acara ini memberikan kesempatan kepada orang-orang yang sudah lama terpisah dari keluarga ataupun orang-orang yang mereka cintai karena tidak memiliki uang yang cukup untuk dapat kembali ke kampung halaman mereka.

Seluruh biaya perjalanan akan ditanggung sepenuhnya ke lokasi manapun juga. Sebelum keberangkatan, target diberikan sejumlah uang untuk membelikan buah tangan kepada sanak keluarganya di kampung. Target yang dipilih harus memilki latar belakang kehidupan ekonomi yang benar-benar sulit, alasan yang dramatis mengapa mereka bisa sampai meninggalkan kampung, serta kepastian bahwa mereka benar-benar memiliki keluarga di kampung tersebut (melakukan survey terlebih dahulu).

Pada program 10 X Lipat yang tayang setiap Sabtu, pukul 08.30 WIB akan memberikan reward 10 kali lipat lebih besar dari apa yang telah mereka berikan untuk menolong orang yang sedang kesusahan. Akan ada aktor yang berakting dengan berpura-pura meminta bantuan kepada setiap orang secara acak.

''Targetnya lebih kepada orang-orang dari kelas menengah ke bawah, agar dapat lebih dramatis. Karena keikhlasan orang tersebut dalam memberikan bantuan walaupun mereka juga belum tentu memiliki rejeki yang berlebih, maka orang tersebut diberikan reward 10 kali lipat atas bantuan yang telah ia berikan,'' jelas Mila.

Tiga reality show, Bukan Pengamen, Aku Ingin Pulang, 10 X Kipat ini sangat menyentuh dan memiliki keterkaitan emosi penonton dengan aktor-nya. ''Dengan kata lain, ketiga reality show ini merupakan kejadian asli tanpa rekayasa. Hanya saja, sebagai kemasan tontonan maka ketiga acara reality show ini diracik sedemikian rupa hingga emosi penonton bisa tercapai,'' ungkap Mila.

''Setidaknya dengan ketiga tayangan reality show Bukan Pengamen, Aku Ingin Pulang, dan 10 X Kipat ini kami dapat turut serta memecahkan masalah yang dialami sebagian masyarakat yang kurang beruntung,'' tegas Mila yang berharap ketiga tontonan ini dapat menggugah perasaan pemirsa untuk peduli dengan sesama dalam kehidupan bermasyarakat.

Mila mengungkapkan, program reality show yang ditayangkan di Antv lainnya lebih bersifat menghibur yakni Hubungan Tanpa Status (HTS) yang tayang tiap Ahad pukul 13.00 WIB, My Special Date (MSD) hadir setiap Ahad pukul. 13.30 WIB, serta reality show komedi Kena Deh yang tayang dari Senin-Jumat, pukul 19.30 WIB, dan Bule Gila hadir setiap Senin-Jumat, pukul 17.00 WIB dipandu presenter kawakan Farhan.

''Kena Deh dan Bule Gila cukup sukses dan sebenarnya sangat disukai pemirsa. Untuk itulah Antv menayangkan kembali reality show menarik dengan objek yang istimewa ini,'' ungkap Mila.
http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=337132&kat_id=476

Tidak ada komentar: