13 Maret 2008

Surat Pembaca: Sudahi Saja Dubbing Tayangan TV

Kamis, 13 Maret 2008 08:41 wib

Saya terus terang menyukai acara televisi, namun sekarang ini bagi saya melihat tayangan televisi khususnya yang re-run tayangan luar (bukan lokal) kenapa harus didubbing?

Menurut saya itu sangat membuat tidak nyaman dalam hal ini juga membuat kita jadi lost interest terhadap tayangan tersebut bukan karena saya tidak menyukai bahasa sendiri tetapi menurut saya justru tayangan re-run dari luar negri itu bisa membantu masarakat dalam memahami belajar bahasa inggris baik secara percakapan.

Masyarakat kita dilatih dalam memahami bahasa inggris khusunya bagi orang - orang yang belajar secara otodidak seperti saya. jika ada istilah yang saya tidak mengerti saya tinggal liat textnya, mudahkan?

Tetapi sarana belajar ini sepertinya diputus dan digantikan dengan dubbing yang menurut saya justru menghilangkan inti cerita dari acara tersebut. tapi kenapa menjadi dubbing bukan text seperti dulu entah karena pertimbangan apa?

Jadi saya harapkan kepada para stasiun televisi yang ada di Indonesia ini agar menyudahi dubbing terhadap tayangan impor dari luar negri. ini merupakan saran saya sebagai penikmat pertelevisian di indonesia.

Jerry Isbardi Yuswan, Komp. Imigrasi No. 64, Cengkareng, Jakarta Barat, Jakarta.

http://news.okezone.com/SP/index.php/ReadStory/2008/03/13/220/91246/dubbing-tayangan-televisi

Tidak ada komentar: