21 Maret 2008

'Happy Show' GlobalTV, Sekadar Happy-Happy?

Pesertanya adalah harus warga negara asing.


Republika, 19/3/2008
'Happy Show...Yang Happy-happy Aja!' Begitu jargon yang diteriakan dua pembawa acara, Happy Salma dan Bedu dalam program variety show bertajuk Happy Show.

Program yang disajikan Global TV setiap Sabtu, pukul 20.30 WIB ini merupakan tontonan yang mengajak perserta dan pemirsa untuk tersenyum, bahkan tertawa lebar. Uniknya, dalam setiap episodenya Happy Show menampilkan tiga peserta warga negara asing. Mereka kemudian diminta untuk menyanyikan lagu-lagu berbahasa Indonesia yang sedang hit.

Tidak hanya itu, peserta dengan mengenakan pakaian tradisional diminta untuk berjoget dangdut dan disko. Selain itu, juga diminta berakting cerita-cerita legenda Indonesia, seperti kisah Malin Kundang atau kisah Lutung Kasarung dalam cerita Tangkuban Perahu.

Akting dan aksi joget mereka yang kurang pas membuat pemirsa tertawa menyaksikan acara yang dipandu aktris cantik Happy Salma dan Bedu ini. Bagaimana tidak, pemirsa dan penonton di studio disuguhkan kekonyolan para warga negara asing itu yang terpaksa berbicara dalam bahasa Indonesia dan bahasa gaul anak muda Jakarta. Bahasa yang blepotan dan nyanyian yang ngawur membuat tontonan ini menarik.

''Inilah yang memang ingin dijual dalam acara Happy Show. Full of Happiness. Pokoknya acara ini hanya sekadar happy-happy saja,'' kata Cipta Panca Laksana, manager produksi Global TV.

Pada episode yang menampilkan bintang tamu Slank, Sabtu (15/3) lalu, seorang peserta asal Inggris bernama Cristopher dengan sangat percaya diri berjoget ala Kaka Slank dan berkaraoke menyanyikan lagu Slank, bertajuk Kamu Harus Pulang. Penonton dibuat tertawa, bahkan ada yang berusaha membimbing Cristhoper yang bernyanyi dengan nada dan lirik yang ngawur. Bagi warga negara asing, nyanyian itu tentu sulit dinyanyikan secara tepat. Dan, vokal mereka membuat para personel Slank pun ikut terbahak-bahak.

Begitu juga ketika peserta asal Jepang bernama Kazuki saat melafalkan naskah teater Malin Kundang dengan nada seperti orang marah-marah. Seusai membaca, Kazuki dengan spontan nyeletuk kalimat, Cepe deeeh, sambil menempelkan jari-jari tangan ke keningnya.

Menertawai kesalahan
Kesalahan melafalkan dalam bahasa Indonesia, celetukan yang salah konteks, serta bernyanyi dengan nada dan lirik yang pas, memancing tertawaan penonton di studio dan pemirsa di rumah. Dan, memang itulah yang hendak dijual dalam acara Happy Show ini.

Menurut Panca, peserta Happy Show memang harus warga negara asing. Mereka tampil dengan kepribadian dan menguji kemampuan dalam berbicara dan bernyanyi dalam bahasa Indonesia. ''Kekuatan dari acara ini justru menertawakan kesalahan dan kesusahan para peserta,'' ungkap Panca.

Happy Show kata dia dikemas sebagai tayangan ringan keluarga. ''Pokoknya kita ingin acara ini membuat semua anggota keluarga di rumah dan juga penonton di studio bisa happy dan tertawa.'' Sejauh ini Happy Show berhasil merebut minat segmen keluarga. Hasil survei menunjukkan bahwa acara ini ditonton pemirsa kelompok usia 10-54 tahun dengan rating 1,8-3,4 poin.

Konsep program ini, menurut Panca, adalah murni dari tim kreatif Global TV. ''Happy Show bukan jiplakan dan tidak ada di program televisi mana pun di seluruh dunia,'' tegasnya.

Litya Wahyuni, communication officer Global TV, menambahkan bahwa Happy Show menyajikan beragam kegembiraan kepada pemirsa dan penonton di studio. Katanya, ada sembilan konsep kegembiraan yang akan dipersembahkan, di antaranya dalam Happy Comedy, Happy with Star, Happy Info, Happy Share, Happy Moment, dan Happy Ending.

Happy Show terdiri dari tiga segmen. Pada segmen pertama, menurut Litya, setiap peserta diminta membaca naskah pendek berbahasa gaul. Selanjutnya pada segmen kedua, peserta bernyanyi karaoke lagu-lagu Indonesia yang disesuaikan dengan bintang tamu dari penyanyi dan grup band yang tampil.

Segmen ketiga, peserta diminta berjoget dengan diiringi jenis musik yang secara mendadak berubah dari disko ke dangdut, rock, atau sebaliknya. Pada bagian akhir, penonton memilih peserta berpenampilan terbaik dan yang tentunya paling lucu. Selanjutnya, Hapy Show ditutup dengan penampilan penyanyi atau grup band yang menjadi bintang tamu. ruz

Tidak ada komentar: