22 Maret 2008

Film Indonesia Terbaik di Layar Astro Kirana

Saluran TV ini menayangkan 58 jam non stop film nasional.


Parade Film Nasional bakal menghiasi layar televisi berlangganan, Astro. Lewat saluran Astro Kirana, mereka menayangkan sederet film karya anak bangsa selama 58 jam non stop dalam sebuah kemasan bertajuk Bangkit Sinema Indonesia.

Menurut Dewi Fadjar, direktur programming PT Adi Karya Visi, content provider Astro Indonesia, Bangkit Sinema Nusantara hadir dalam menyambut Hari Perfilman Nasional ke-58. Layar film nasional ini akan dimulai 28 Maret pukul 10.00 WIB hingga 30 Maret pukul 20.00 WIB. ''Yang akan kami sajikan nanti adalah 31 judul film terbaik karya sineas anak bangsa,'' ujarnya.

Astro Kirana, kata dia, selalu mendukung film-film nasional. ''Sebagai channel film yang lahir di Indonesia, kami senantiasa mendukung perkembangan perfilman Indonesia. Bangkit Sinema Nusantara merupakan sebuah langkah awal dukungan kami,'' paparnya. Disebutkan lewat parade film nasional ini pihaknya juga ingin menggugah rasa kecintaan pemirsa terhadap produk garapan lokal Indonesia, yang secara kualitas mampu bersaing dengan produk luar negeri. ''Sudah saatnya kita mengapresiasi dan mencintai film-film produksi Tanah Air agar dunia perfilman Indonesia semakin maju dan berkembang.''

Bangkit
Aktor Slamet Rahardjo menyatakan kehadiran Astro Kirana merupakan jawaban dari keinginan insan film untuk memperoleh tayangan alternativ selain film Hollywood. Ia mangaku mendukung parade film nasional yang digelar oleh Astro Kirana. Saluran TV ini, lanjut dia, juga memberi wadah dan ruang bagi para sineas untuk mengekspresikan karya-karya mereka. ''Buat saya, program ini bisa menjadi semacam evaluasi bagi insan film untuk ke depannya dan dapat menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi,'' katanya. ''Saya bangga dengan bergairahnya kembali film Indonesia saat ini.''

Ia menilai film Indonesia sudah dapat menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Hal ini setidaknya bisa dilihat dari film Nagabonar Jadi 2 dan Ayat Ayat Cinta yang menuai sukses dan dapat menarik kembali masyarakat untuk mendatangi gedung bioskop.

Dalam perkembangannya, industri perfilman Indonesia yang sempat vakum untuk beberapa lama, kini memang sudah aktif kembali. Ini dilihat dari banyaknya film Indonesia yang beredar beberapa tahun belakangan ini. Selain itu, banyak pula lahir insan-insan perfilman baru Indonesia yang juga memberikan kontribusi bagi kebangkitan sinema nusantara.

Menurut Dewi Fadjar, beberapa film Indonesia yang akan ditayangkan di saluran Astro Kirana, di antaranya Ca Bau Kan, Janji Joni, Jaka Sembung, dan Kafir.

Selain program Bangkit Sinema Nusantara, berbagai bentuk kegiatan off-air dan on-air juga telah disiapkan Astro Kirana sepanjang 2008 untuk mendukung perfilman Indonesia. Kegiatan tersebut antara lain dalam rangka memperingati 100 Tahun Kebangkitan Nasional, Astro Kirana bekerja sama dengan Garin Nugroho memproduksi sebuah film musikal dengan tema Nasionalitas. Film tersebut akan ditayangkan pada Mei 2008 mendatang. -- Republika, 22/3/2008

Tidak ada komentar: