06 Februari 2008

Panduan Menonton TV (3)

Menonton Televisi Ala Remaja Cerdas


oleh Teguh Imawan, http://teguhimawan.blogspot.com/



Tayangan acara televisi itu layaknya manusia seperti kita-kita ini. Karenanya, ada acara yang boleh dibilang mencerdaskan. Tapi banyak pula kandungan acaranya yang membodohi, merendahkan intelektualitas penonton, abai dengan kepantasan dan kesopanan mayoritas penonton, bahkan tidak sehat bagi kesadaran dan mental kita.
Oleh karena itu, kalangan penonton perlu bijak dan cerdas mensikapi suguhan acara layar kaca. Berikut kami sajikan, lima rumusan pertanyaan kunci untuk memandu remaja agar ‘cerdas’ menonton tayangan televisi. Berbekal panduan ini, diharapkan penonton memiliki ketrampilan menyeleksi acara televisi.

Pertanyaan ke-1: Siapa yang membuat isi pesan tayangan acara? Karena, semua pesan-pesan acara televisi telah “ditukangi”. Fokus pertanyaan ini untuk mengungkap: Sosok Pembuat Acara.

Pertanyaan ke-2: Teknik-teknik apa yang digunakan oleh acara untuk menarik perhatian saya? Karena, pesan acara pasti dikemas dengan menggunakan bahasa kreatif sesuai kaidah-kaidah dunia televisi. Fokus pertanyaan ini untuk mengungkap: Format Acara.

Pertanyaan ke-3: Apakah penonton lain menangkap pesan tayangan seperti yang saya pahami? Karena, pesan tayangan yang sama dapat dirasakan berbeda oleh orang berbeda. Fokus pertanyaan ini untuk mengungkap: Karakter Penonton Acara.

Pertanyaan ke-4: Gaya hidup, nilai, dan sudut pandang apa yang ditonjolkan (disembunyikan) melalui tayangan? Karena, setiap tayangan pasti memiliki nilai dan sudut pandang yang melekat di dalamnya. Fokus pertanyaan ini untuk mengungkap: Isi Tayangan.

Pertanyaan ke-5: Mengapa pesan tayangan tersebut yang disiarkan? Karena, hampir semua kemasan tayangan televisi mencari profit dan/atau kekuasaan. Fokus pertanyaan ini untuk mengungkap: Tujuan Acara.—

Tidak ada komentar: