10 Februari 2008

Imlek di Layar Metro TV

Menyambut Tahun Baru Imlek Metro TV tampilkan beragam acara kebudayaan Tiongkok mulai 2 Februari hingga 23 Februari 2008. Hal itu merupakan komitmen Metro TV untuk merangkul komunitas Tiongkok Indonesia.

Manajer Humas Metro TV Henny Puspitasari mengatakan, Komunitas Tiongkok merupakan salah satu komunitas besar di Indonesia dan memiliki daya tarik tersendiri. Oleh karena itu, setiap tahun dalam rangka tahun baru Imlek, Metro TV selalu memberi porsi lebih kepada komunitas dan kebudayaan Tiongkok untuk menunjukkan eksistensinya.

"Dengan Tema Indonesia bersatu, kami ingin memperkenalkan komunitas Tiongkok sebagai salah satu komunitas etnis di Indonesia. Kami mencoba memberikan pengetahuan tentang kebudayaan Tiongkok kepada masyarakat Indonesia terutama etnis Tiongkok," kata Henny.

Untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek, Metro TV hingga 8 Februari akan menyuguhkan liputan berita tentang perayaan Imlek dan membahas aneka ragam budaya Tiongkok dari berbagai wilayah di Indonesia. Program kesehatan Healthy Life akan membahas rahasia kesehatan ala Tiongkok beserta pengobatan tradisionalnya.

Special Dialog akan membahas peran etnis Tiongkok dalam pembangunan bangsa Indonesia khususnya dari aspek ekonomi dan masalah hukum. Spesial dialog imlek kali ini menghadirkan Menteri Hukum & Hak Asasi Manusia , Menteri Perdagangan, Ketua Kadin, pengamat, dan anggota DPR RI.

Pada tanggal 6 Februari, Metro juga menampilkan Live Event Imlek Nasional 2008 yang menyajikan suasana Imlek dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri, Dialog bersama tokoh-tokoh etnis Tiongkok. Tak ketinggalan ahli Feng shui dan Mama Laurent yang akan meramalkan peruntungan di tahun Tikus.

Program khusus Spirit of Barongsai yang disiarkan 7 Februari nanti akan mempertunjukkan seni dan budaya Barongsai serta makna simbol-simbolnya. Program talk show Padamu Negeri yang disiarkan pada hari yang sama akan mendiskusikan tentang stigma keturunan etnis Tiongkok di Indonesia dan menelusuri jejak komunitas Tiongkok.

Dua belas wanita cantik akan tampil memeriahkan imlek dalam sebuah pertunjukan musik spektakuler Jumat (8/2) hanya di Metro TV. 12 Girls Band akan menampilkan kepiawaian bermain musik instrumental etnis Tiongkok.

Episode Oasis akan menampilkan profil Klenteng Tua Qing Shui Zhui di utara Tangerang yang berahli fungsi menjadi sarang walet. Minggu depannya Oasis akan menghadirkan tokoh-tokoh perjuangan Tiongkok di Indonesia.

Sementara, Tim Archipelago akan mengunjungi restoran Tiongkok dan menikmati berbagai jenis makanan Tiongkok. Minggu kedua Imlek Archipelago akan menghadirkan Kampung Naga dan pesta tahun baru Imlek langsung dari Shanghai.

Metro This Week akan merangkum semua berita perayaan Imlek di berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri. Sebagai penutup pada 23 Februari, Metro TV akan menyiarkan Malam Seni dan Budaya mengisahkan perjalanan kisah Laksamana Cheng Ho yang datang ke Indonesia membawa misi perdamaian, persahabatan, perniagaan serta memperkenalkan budaya Tiongkok.

Metro TV juga akan membagi-bagikan angpau kepada pemirsa setia melalui Specta Kuis Imlek yang hadir setiap Jumat selama bulan Februari pada pukul 16.30 WIB. Pertanyaan kuis akan berkisar Imlek, makanan dan seni budaya Tiongkok. Hadiah yang ditawarkan pun tak tanggung-tanggung seperti mobil, motor dan hadiah menarik lainnya.

Sementara itu, Trans TV dan Trans7 dalam rangka libur Imlek menyuguhkan rangkaian film spesial Imlek. Sementara, layar kaca SCTV menyambut imlek menyuguhkan dua sinema berjudul Moi, I Love You dan Akiong Cinta Siti. [DLS/U-5]

Sumber: suarapembaruan, 06 februari 2008

Tidak ada komentar: