01 Mei 2010

Laga Liga Inggris Dikemas seperti Siaran Langsung

Manchester United dan Chelsea adalah dua kesebelasan Liga Inggris yang ditunggu- tunggu penonton televisi. Pada Sabtu, 3 April mereka bertanding di kandang MU: Old Trafford. Saya baca di Kompas pertandingan dimulai pada pukul 18.45 WIB. Pada pukul itu tak ada saluran TV yang menyiarkan langsung.

Karena tak berlangganan televisi berbayar, saya cari di internet. Saya akhirnya ketahui Chelsea menang 2-1 atas MU lengkap dengan gol "ajaib" yang dibuat Federico Macheda (MU) ataupun yang dicetak Didier Drogba (Chelsea).

Pukul 23.30 WIB, TVOne menyiarkan laga MU melawan Chelsea. Menurut pengamatan saya, siaran itu dibuat seakan-akan siaran langsung. Padahal, itu siaran tunda yang sudah kita tahu hasilnya. Anehnya, sang komentator membahasnya seolah-olah yang akan disaksikan itu adalah siaran langsung. Ada pula SMS dari penonton terpampang di layar: "Ayo setan merah kalahkan Chelsea 2-0."

Selama penayangan tak ada tulisan recorded di layar, sebagaimana etiket yang dikenal di dunia pertelevisian. Selama pertandingan diinformasikan juga hasil pertandingan kesebelasan lain, tetapi hasil MU melawan Chelsea sama sekali tak ada. Padahal, sudah jelas 2-1 untuk Chelsea. Apakah TVOne sengaja ingin mengelabui penonton?

BAMBANG SUDIONO Jalan Niaga IV E Kemang Pratama, Rawalumbu, Bekasi - http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/05/01/03452433/redaksi.yth

Tidak ada komentar: