06 April 2010

Global TV Angkat Lagaligo Sebagai Konten Lokal

nurhayati-rahman/google.com

MAKASSAR, KOMPAS.com--Salah satu lembaga penyiaran swasta nasional menyetujui untuk mengangkat cerita rakyat Sulsel "Lagaligo" sebagai salah satu isi siaran lokal dalam pelaksanaan Sistem Siaran Jaringan (SSJ).

Coorporate Secretary Global TV Haris Jauhari di Makassar, Senin, mengatakan, pihaknya akan mencoba memulai mengangkat cerita rakyat Sulsel tersebut melalui program pemberitaan "Mata Angin".

"Kami akan berusaha mengangkat konten lokal dan membuka kesempatan lahirnya ide-ide baru dari Sulsel untuk mengisi program acara kami," katanya menanggapi pertanyaan dari Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulsel pada Evaluasi dan Dengar Pendapat sebagai proses untuk memperoleh izin penyelenggaraan penyiaran dengan badan hukum lokal di daerah.

Menurutnya, Global TV adalah stasiun televisi yang masih muda dan perlu banyak belajar. Untuk itu, ia mengharapkan kritik dan saran dari berbagai pihak terutama pada proses pelaksanaan SSJ.

Sebagai bagian dari komitmen, pihaknya juga memberikan nomor telepon genggam jajaran manajemen agar setiap saat dapat segera menerima kritikan dan saran langsung dari KPID dan masyarakat.

Melalui presentasinya, dipaparkan bahwa pihaknya telah membentuk sembilan badan hukum lokal dan 21 badan hukum pengembangan jaringan di sejumlah daerah sebagai bagian dari implementasi proses pelaksanaan SSJ.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga menyatakan kesiapannya dari sisi konten, manajemen, teknologi dan keuangan untuk menjalankan sistem tersebut.

Ketua KPID Sulsel Aswar Hasan, mengharapkan Global TV 6, nama perusahaan jaringan lokal Global TV di Sulsel, memberikan kontribusi positif bagi perkembangan daerah.

Dari sepuluh Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) yang ada diharapkan untuk mengangkat citra Sulsel sehingga dapat dikenal lebih baik.

KPID juga meminta agar LPS tidak melulu mengadopsi tayang luar dan terus menemukan terobosan-terobosan baru yang memberikan harapan kepada masyarakat.- http://oase.kompas.com/read/2010/04/06/01231652/Global.TV.Angkat.Lagaligo.Sebagai.Konten.Lokal

Tidak ada komentar: