26 Maret 2010

"New York Times" Bayar Ganti Rugi kepada PM

Singapura, Kamis - The New York Times Company akan membayar ganti rugi sejumlah 160.000 dollar Singapura kepada Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan dua menteri senior lain karena sebuah artikel mengenai dinasti-dinasti politik.

Edisi global surat kabar itu, International Herald Tribune (IHT), Rabu (24/3), telah memuat sebuah permintaan maaf. Ini adalah permintaan maaf akibat artikel yang menyiratkan Lee, putra bapak pendiri Singapura Lee Kuan Yew, mendapatkan jabatannya karena peran sang ayah, bukan karena kemampuannya.

Artikel tulisan kolumnis Philip Bowring berjudul "All in the Family" itu diterbitkan pada 15 Februari di IHT.

Davinder Singh, pengacara para pemimpin Singapura itu, mengatakan, penerbit IHT, editor edisi global, dan Bowring akan membayar 60.000 dollar Singapura kepada PM Lee dan masing-masing 50.000 dollar Singapura kepada Lee Kuan Yew dan Goh Chok Tong. New York Times juga akan membayar ongkos perkara.

Singh mengatakan, artikel Bowring mencemarkan nama baik para pemimpin Singapura. Menurut Singh, mereka menuntut permintaan maaf, ganti rugi, dan ongkos perkara.

Bowring terlibat sebuah kasus serupa tahun 1994 ketika menulis sebuah artikel di IHT mengenai "dinasti politik" di Asia Timur, seperti Singapura.

Lee Kuan Yew, Lee Hsien Loong (saat itu Deputi Perdana Menteri), dan Goh Chok Tong (saat itu Perdana Menteri), mengancam akan menuntut atas dasar pencemaran nama baik. Pada perjanjian tahun 1994 disebutkan, surat kabar itu dan Bowring berjanji tidak akan membuat tuduhan serupa di masa depan. (AFP/Reuters/DI) http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/03/26/03361178/new.york.times.bayar.ganti.rugi.kepada.pm.

Tidak ada komentar: