16 Februari 2010

Bagir Manan Pimpin Dewan Pers 2010 - 2013

Bagir Manan

Jakarta, Kompas - Ketua Dewan Pers periode 2010-2013 Bagir Manan menyampaikan, pihaknya akan fokus pada upaya meningkatkan pemahaman masyarakat, aparat pemerintah, dan penegak hukum terkait dengan mekanisme kerja serta profesionalisme pers dan jurnalis.

Ketika terjadi masalah terkait pemberitaan di media massa, semua pihak bisa paham untuk terlebih dahulu menempuh upaya sesuai dengan mekanisme kode etik jurnalistik dan Undang- Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, terutama terkait mekanisme hak jawab.

Pernyataan itu disampaikan Bagir, Senin (15/2), saat dihubungi Kompas beberapa saat seusai terpilih. Mantan Ketua Mahkamah Agung itu terpilih secara aklamasi menggantikan Ichlasul Amal. Bambang Harymurti menggantikan Leo Batubara sebagai Wakil Ketua Dewan Pers.

"Kami tidak mengatakan jurnalis atau media kebal hukum. Akan tetapi, kami berharap masyarakat bisa menempuh tata cara yang ada. Jika pers keliru, silakan gunakan mekanisme kode etik jurnalistik. Jika cara itu masih belum dianggap cukup, silakan tempuh mekanisme yang ada dalam UU Pers," ujar Bagir.

Jika kedua mekanisme itu telah ditempuh dan dinilai masih belum mencukupi, barulah masyarakat dipersilakan menempuh mekanisme hukum. "Urutan-urutan seperti itu jangan dilompati," ujar Bagir.

Terkait potensi ancaman terhadap pers, yang muncul dari berbagai produk legislasi baru yang dibuat pemerintah dan DPR, Bagir meminta pada masa mendatang pembuat dan penyusun legislasi tersebut tidak secara serampangan mengajukan rancangan peraturan.

Ada tujuh pimpinan komisi pada Dewan Pers periode 2010- 2013, yaitu Agus Sudibyo (Komisi Pengaduan Masyarakat dan Penegakan Etika), Wina Armada (Komisi Hukum dan Perundang- Undangan), M Ridlo Eisy (Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Pers), serta Zulfiani Lubis (Komisi Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi).

Selain itu juga Satria Naradha (Komisi Pemberdayaan Organisasi), Margiono (Komisi Pendanaan dan Sarana Organisasi), serta Bekti Nugroho (Komisi Hubungan Antarlembaga dan Hubungan Luar Negeri).

Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen Nezar Patria mengatakan, "Mudah-mudahan Pak Bagir bisa membendung laju tuntutan-tuntutan yang ingin mengkriminalisasi pers." (DWA) - http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/16/0255238/bagir.manan.pimpin.dewan.pers

Tidak ada komentar: