08 Juni 2008

Popularitas Sinetron Religi Terus Melambung - SUKSES AYAT AYAT CINTA BERDAMPAK PADA SINETRON TELEVISI

Sukses film religi layar lebar, seperti Ayat Ayat Cinta atau Kun Faya Kun rupanya mulai diikuti pengelola stasiun televisi. RCTI misalnya bekerja sama dengan Sinemart kembali memproduksi sinetron religi bertajuk Hamba Hamba Allah.

Tontonan yang bernapaskan keislaman ini mulai menjumpai pemirsa Senin (9/6) pukul 18.00 WIB dan seterusnya tayang setiap hari, kecuali Ahad. Program baru ini hadir di layar RCTI menggantikan slot Gara Gara Cinta yang habis masa tayangnya.

Sinetron berdurasi 60 menit ini didukung oleh artis-artis ternama, seperti Dea Imut, Haykal Kamil, Teddy Syach, Astri Ivo, Rheina 'Ipeh', Iszur Muchtar, Joy Octaviano, Deni Malik, dan Opick. Bintang yang terakhir ini selama ini dikenal sebagai penyanyi lagu-lagu Islami yang tersohor lewat tembangnya Tombo Ati.

''Hamba Hamba Allah merupakan sinetron perdana dari Opick. Ia mulai memberanikan diri menjajaki dunia akting,'' ujar Pudji Purnomo, humas RCTI. Dalam sinetron ini Opick berperan sebagai ustadz Jaelani. Hamba Hamba Allah, lanjut Pudji, merupakan satu dari dua sinetron religi yang kini sedang tayang di RCTI. Sinetron Munajah Cinta sudah tayang sejak Senin (5/5) lalu dan telah memasuki episode 30.

''Kehadiran sinetron Hamba Hamba Allah ini untuk mengikuti jejak Munajah Cinta yang cukup sukses,'' ungkap Pudji. Ia mengatakan Munajah Cinta kini menjadi salah satu tontonan favorit pemirsa RCTI. Pihaknya juga berharap Hamba Hamba Allah akan menjadi tayangan yang disukai pemirsa. ''Karena sinetron ini mempunyai kekuatan cerita dan daya pikat para bintangnya,'' papar dia.

Disebutkan, kehadiran dua sinetron religi ini telah mendorong RCTI untuk menambah programnya bernapaskan Islam. Dan, hal ini sekaligus diharapkan lebih mendekatkan pemirsa kepada Sang Pencipta. ''Kedua sinetron Islami ini memang mempunyai nilai-nilai religius yang sangat bermakna dalam menjalani hidup,'' kata Harsiwi Achmad, direktur program RCTI.

Mampu bersaing Harsiwi mengatakan, di luar dugaan ternyata sinetron bernapaskan Islami memiliki nilai jual. ''Biasanya sinetron religi hanya meraih sukses jika ditayangkan di bulan Ramadhan, tapi hal itu tidak berlaku pada Munajah Cinta yang justru sukses di tengah maraknya sinetron remaja dan keluarga yang tayang di televisi,'' paparnya.

Munajah Cinta, lanjut dia, masuk dalam jajaran 10 besar rating AGB Nielsen. ''Angka ini jadi bukti jika sinetron bernapaskan Islam bisa diterima pemirsa,'' ujar Harsiwi mengenai sinetron yang diilhami dari kesuksesan film Ayat Ayat Cinta. Sinetron ini, kata dia, mempunyai daya pikat yang kuat untuk disaksikan.

Apalagi, dibintangi aktris yang tengah naik daun, yakni Rianty Cartwright, Zaskia A Mecca, dan Baim Wong. ''Tidak bisa dimungkiri popularitas Rianty Cartwright dan Zaskia A Mecca setelah bermain dalam Ayat Ayat Cinta menempatkan keduanya menjadi idola masyarakat Indonesia,'' ujar Harsiwi. ruz

Tidak ada komentar: