10 Juni 2008

FPI Keluhkan Liputan 6 SCTV

kpi.go.id 10/06/2008 - DPP Forum Pembela Islam (FPI) menyampaikan koreksi terhadap sejumlah materi pemberitaan SCTV (Liputan 6 Pagi, Siang dan Sore). FPI menyatakan bahwa pemberitaan-pemberitaan tersebut sangat merugikan mereka. Hal itu diungkapkan dalam surat tembusan FPI ke KPI, Selasa (10/6).

Di terangkan dalam surat tersebut, bahwa materi pemberitaan SCTV cenderung bersifat berpihak dan tendensius untuk tujuan "menghakimi" FPI melalui laporan tentang aktivitas FPI maupun reaksi pro-kontra masyarakat terhadap kiprah KPI. Pola pemberitaan SCTV melalui sejumlah program beritanya sudah masuk dalam klasifikasi trial by the press.

Sebagai contoh, seluruh stasiun televisi menyiarkan aksi dari puluhan penjudi, pelacur dan pengelola tempat hiburan di Banyuwangi, Jawa Timur, yang menuntut pembubaran FPI. Aksi mereka dilatari oleh sikap keberatan terhadap aktifitas FPI yang memerangi penyakit sosial di daerah tersebut.

Sementara itu pemberitaan SCTV, menurut FPI, tidak menyebutkan siapa kelompok masyarakat yang berdemo tersebut, dengan hanya menyebutkan "Warga Banyuwangi". Kesan yang ingin ditampilkan redaksi SCTV adalah "Seluruh warga Banyuwangi menolak FPI". Atas kondisi tersebut, FPI menyatakan pemberitaan SCTV sengaja memanipulasi fakta yang ada.

Selain itu, dalam surat tersebut, FPI menyampaikan bahwa SCTV beberapa kali memberitakan FPI dan aktifitasnya dengan mengabaikan sistem pemberitaan menurut prinsip "cover both-side" (tidak berimbang) sehingga merugikan citra FPI. Menurut FPI, kebijakan redaksional SCTV yang tendensius dan tidak dilatari sikap "tidak senang" terhadap FPI merupakan pola kerja yang tidak profesional, tidak objektif dan memanipulasi informasi (disinformasi) sehingga mengundang kebencian masyarakat terhadap objek yang diberitakan.

Dalam penutupnya, FPI menyampaikan, jika SCTV menerima koreksi tersebut, FPI berharap agar manajamen Liputan 6 SCTV dapat melakukan perbaikan visi editorial sebagaimana diperlukan untuk menjaga citra televisi dengan pemberitaan yang cepat, akurat, lengkap, objektif dan berimbang. Red

Tidak ada komentar: