14 Maret 2008

'Kabar Tokoh' TVOne, Ungkap Sisi Kehidupan Tokoh

Oleh TVOne, program ini disebut politainment.


Program infotainment berevolusi. Jika selama ini tontonan yang banyak disenangi oleh kaum ibu itu hanya menyuguhkan cerita dan gosip seputar kehidupan selebriti, kini sepak terjang dan kehidupan para pelaku politik, bisnis, dan para birokrat pun diangkat menjadi sebuah tontonan menarik.

Adalah stasiun televisi TVOne yang mengemas cerita di balik para orang terkenal itu lewat program bertajuk Kabar Tokoh. Namun, dalam acara yang oleh manajemen TVOne disebut politainment ini, tidak ada yang mengangkat sisi miring atau negatif dari sang tokoh.

Tontonan yang dikemas bergaya santai dan menghibur ini lebih menyuguhkan informasi tentang kesuksesan dan juga hal-hal sulit yang mungkin pernah dialami oleh sang tokoh. Artinya Kabar Tokoh hadir selain sebagai tontonan menarik juga diharapkan bisa memotivsi pemirsa untuk lebih berprestasi dalam kehidupan. Karena bagaimanapun sisi personal para tokoh politik terkadang menyimpan kisah human interest yang menarik untuk disimak. ''Kabar Tokoh merupakan program baru yang menjadi salah satu andalan TVOne,'' kata humas stasiun TV ini, Linda Rifai.

Menurut dia, para tokoh politik ternyata juga manusia biasa yang memiliki sisi kehidupan baik positif maupun negatif. Mereka tidak lepas dari permasalahan kehidupan rumah tangga, sosial, memiliki hobi, dan kesukaan yang menarik. ''Berangkat dari hal itulah, kami membuat suatu program yang mengangkat sisi-sisi kehidupan politikus, bisnisman, dan para birokrat pemerintahan yang dikemas dalam sebuah acara politainment,'' papar Linda menjelaskan latar belakang lahirnya Kabar Tokoh.

Tontonan berdurasi 30 menit ini tayang sejak akhir bulan lalu dan seterusnya hadir di layar kaca TVOne setiap Rabu dan Kamis pukul 23.30 WIB. Program baru yang menampilkan presenter Agni Pratistha Arka Dewi dan Inggrid Kansil ini, kata Linda, diharapkan dapat memberikan warna lain tayangan televisi pada pemirsa.

Target pemirsa
Mengenai kelas pemirsa TVOne sejak berganti nama dari Lativi, Linda mengungkapkan, seiring dengan perubahan format TVOne menjadi televisi berita dan olahraga, telah terjadi pergeseran sosial ekonomi dan kelompok usia pemirsa. ''Dengan format news and sport television, kini pemirsa TVOne lebih didominasi oleh kelompok usia 20 tahun ke atas,'' ujar Linda.

Berdasarkan riset AGB Nielsen Media Research mengungkapkan bahwa stasiun TV ini telah berhasil mencapai target pemirsa. Ini lantaran beberapa program yang disajikan TVOne efektif menjangkau target pemirsa. Menurut dia, semua program berita TVOne memiliki keunggulan. Misalnya Kabar Pagi, Kabar Siang, Kabar Petang, dan Kabar Malam melakukan siaran langsung dari tiga biro TVOne yakni Medan, Surabaya, dan Makassar. ''Di sinilah kelebihan dan keunggulan kami,'' papar Linda berpromosi.

Kabar Pagi, menjumpai pemirsa Senin-Ahad setiap pukul 4.30 WIB. Program ini menampilkan peristiwa teraktual dari malam hingga dini hari, serta kilasan headline news yang terjadi sehari sebelumnya dan proyeksi peristiwa yang akan terjadi pada hari itu.

Kabar Siang, tayang Senin-Ahad setiap pukul 11.30 WIB berisikan hard news teraktual dan tayangan khas (feature kesehatan, gaya hidup, kejadian unik, dan lainnya), serta menyajikan paket laporan investigasi dan informasi dari bursa saham.

Sementara Kabar Petang yang tayang Senin-Ahad setiap pukul 18.00 WIB, menurut Linda, menyajikan program hard news yang berisikan peristiwa-peristiwa teraktual dari bidang ekonomi, politik, sosial, hukum dan budaya, serta segmen topikal (dialog dan live khusus untuk topik-topik pilihan).

Untuk Kabar Malam yang hadir Senin hingga Ahad setiap pukul 00.00 WIB, menampilkan peristiwa teraktual hingga malam hari. Selain itu juga menyajikan kejadian selama hari itu, dan tayangan khas dari dalam dan luar negeri, serta juga tayangan khas (kehidupan malam dan hobi maskulin).

Selain itu, kata Linda, TVOne juga menyuguhkan Kabar Pasar Pagi & Sore setiap Senin hingga Jumat, pukul 09.30 WIB. ''Pada acara ini kami menghadirkan informasi pembukaan pasar dan prediksi perkembangan pasar, selain itu ada juga informasi dari pasar-pasar tradisional dan berita-berita aktual ekonomi dari sektor riil serta siaran langsung dari analisa pasar dari pakar yang disiarkan dari gedung BEJ,'' ujarnya.

Program berita lainnya bertajuk Nama & Peristiwa, yang tayang Senin-Jumat pukul 06.00 WIB, menurut Linda, juga tidak kalah menariknya. Tontonan ini dikemas dengan pendekatan dokumenter dan menampilkan sosok dan tokoh yang sedang menjadi berita saat itu (news maker). Para news maker berasal dari berbagai kalangan dengan peristiwa-peristiwa yang mengikutinya.

Sementara Apa Kabar Indonesia yang juga merupakan unggulan program berita TVOne hadir Senin hingga Ahad, pukul 06.30 WIB. Program disiarkan langsung dari Gedung Wisma Nusantara Jl MH Thamrin, Jakarta ini dipandu oleh presenter cantik, Tina Talissa, dan Iwan Ahmad Sudirwan.

Apa Kabar Indonesia, kata Linda, adalah sebuah tayangan berita yang memadukan pola news konvensional dengan kreativitas pada on air presentation. Acara ini mengangkat isu-isu aktual yang berkaitan langsung dengan kehidupan publik.(ruz)

http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=326835&kat_id=383

Tidak ada komentar: