09 Desember 2009

Penelitian Nielsen: Keyakinan Konsumen Meningkat

Tahun 2008, belanja iklan mencapai Rp 41 triliun
belanja iklan sampai Oktober 2009 mencapai Rp 40 triliun

Jakarta, Kompas - Hingga kuartal ketiga tahun 2009, keyakinan konsumen melompat dari 77 (bulan April 2009) menjadi 86.

Perhatian terbesar bagi sebagian besar konsumen masih berkisar pada kondisi ekonomi, keamanan kerja, serta keseimbangan antara kerja dan kehidupan.

Meskipun konsumen Indonesia menempatkan sebagian besar sisa uang mereka untuk tabungan, membelanjakannya untuk produk teknologi terbaru dan untuk liburan semakin meningkat akhir-akhir ini.

Tren pergeseran ini memengaruhi cara konsumen Indonesia dalam menganggarkan biaya. Hal itu diungkapkan Direktur The Nielsen Company GR Yongky Susilo dalam "Presentasi Pemasaran dan Media" yang dihadiri sebagian besar lembaga penelitian dan wartawan di Jakarta, Selasa (8/12).

Yongky Susilo mengatakan, perdagangan modern masih semakin kuat pada tahun 2009 walaupun kecepatan pertumbuhannya lebih rendah.

Dalam lima tahun, kontribusinya naik dari 30 persen menjadi 37 persen. Lebih dari 900 gerai perdagangan modern baru dibuka tahun 2009.

Dari hasil penelitian, tren pertumbuhan nilai perdagangan mencapai 6 persen, sedangkan pertumbuhan kuantitasnya justru minus 4 persen.

Artinya, menurut Yongky, krisis keuangan global 2008 telah membuat masyarakat takut membelanjakan uangnya. Modernisasi pasar ritel terganggu karena proses konstruksi dan perizinan semakin susah.

Akan tetapi, kata Yongky, berdasarkan tren peningkatan keyakinan konsumen, lima tahun ke depan ekspansi untuk meningkatkan nafsu belanja diperkirakan terjadi.

Direktur Associate Nielsen Ika Jatmikasari melihat, tren belanja iklan sampai Oktober 2009 mencapai Rp 40 triliun. Belanja iklan di televisi lebih mendominasi. Trennya, setiap tahun belanja iklan bisa naik 13 persen.

Tahun 2008, belanja iklan mencapai Rp 41 triliun. "Sejak tahun 2005, iklan di media cetak cenderung terus menurun. Namun, bukan berarti media cetak sudah tidak diminati lagi," ujar Ika Jatmikasari. (OSA) -- http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/12/09/03463361/keyakinan.konsumen.meningkat

Tidak ada komentar: