05 Oktober 2009

Lompatan Momentum Mobilisasi Teve Digital

Oleh  René L Pattiradjawane

Di tengah maraknya kemajuan teknologi komunikasi informasi, terjadi tarik-menarik yang seru di antara berbagai kemajuan teknologi yang diejawantahkan dalam berbagai macam komputer, gadget, ponsel, dan berbagai perangkat teknologi lainnya. Termasuk di antaranya adalah mengaburkan berbagai batasan-basatan antara mana yang teve menjadi komputer atau mana yang ponsel menjadi teve.

Konvergensi teknologi yang terus-menerus, semakin dalam, dan semakin rumit, setidaknya mengisyaratkan kepada kita bahwa teknologi tayangan dalam format layar lebar dan kaca teve yang sudah tersedia selama 100 tahun terakhir ini masih tetap akan menjadi sentra penting keseluruhan kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Persoalannya, tidak mudah untuk menjadikan teve dengan teknologi definisi tinggi sekarang ini untuk menjadi bagian dalam pergerakan konvergensi teknologi komunikasi informasi yang salah satu ciri alamiahnya adalah mobilitas yang memungkinkan penggunanya untuk bergerak tidak lagi dibatasi dimensi ruang dan waktu.

Banyak upaya dilakukan, termasuk mendigitalisasi kanal teve dengan memperkenalkan, misalnya, teknologi DVB (digital video broadcasting) yang memungkinkan penayangan siaran teve di ponsel (DVB-H). Persoalannya, investasi yang harus ditanam dan prospek bisnis yang tersedia menjadi tidak memadai, ketika harus berhadapan dengan regulasi, hak cipta, dan konsumen sendiri yang mempertimbangkan biaya yang harus mereka keluarkan.

Momentum untuk bisa menggelar mobilitas teve memang akan sangat bergantung pada lingkungan yang melibatkan banyak pihak dan akan menjadi model bisnis yang sangat rumit mencakup banyak hal, termasuk aspek legal, model bisnis, kesiapan teknologi, dan model pelayanan.

Lompatan momentum

Salah satu produk yang bisa menjadi perantara untuk memberikan teve nuansa mobilitas dalam pergerakan konvergensi, mungkin, dicerminkan dalam perangkat Slingbox buatan Sling Media yang memungkinkan keseluruhan tayangan teve, baik teresterial maupun kabel secara berlangganan, bisa ditampilkan dalam berbagai produk teknologi, mulai dari komputer sampai ponsel, termasuk iPhone ataupun Blackberry.

Slingbox adalah jembatan digital memanfaatkan teknologi kompresi video dan jejaringan LAN (local area network). Perangkat ini memungkinkan mereka yang memiliki akses ke dalam jaringan menyaksikan teve di rumah, mengikuti serial seru seperti 24 atau CSI dalam jaringan kabel berbayar.

Penggunaan Slingbox sangat sederhana dan mudah. Selain itu, penggunaan aplikasi akses Slingbox juga memungkinkan penayangan siaran teve di layar komputer serta mengendalikannya dari jarak jauh untuk mengubah saluran kanal siaran. Kehadiran teknologi pita lebar memungkinkan perluasan jangkauan Slingbox untuk menyaksikan teve berbayar di mana saja, di mobil, kendaraan umum, mal, kantor, dan lainnya.

Slingbox memungkinkan semua perangkat yang kita gunakan setiap hari, mulai dari ponsel hingga netbook untuk menjadi teve. Dan teknologi yang diterapkan Sling Media dalam produk Slingbox ini merupakan pengejawantahan serta lompatan yang menunggu momentum untuk menjadikan teve sebagai bagian dari keseluruhan kemajuan teknologi komunikasi informasi.

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/10/05/02463195/lompatan.momentum.mobilisasi.teve.digital


Tidak ada komentar: