05 September 2009

Larangan Buka Facebook dan YM di Pemkot Surabaya

/
Sabtu, 5 September 2009 | 01:43 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com--Jaringan "facebook" dan "yahoo masenger" (YM) di tiap-tiap satuan kerja pemerintah daerah (SKPD)  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, Jatim diblokir karena dinilai mengganggu kinerja pegawai setempat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, Khalid Buchori di Surabaya, Jumat, mengatakan, pemblokiran tersebut sudah dilakukan sejak sepekan ini. "Selama jam kerja, jaringan 'facebook' diblokir," katanya.

Menurut dia, alasan pemblokiran tersebut karena adanya permintaan dari tiap-tiap SKPD karena jaringan internet di lingkungan Pemkot Surabaya menjadi lambat.

Apalagi, lanjut dia, sekarang ini sedang ada penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) yang juga menggunakan jaringan internet.

"Kalau internetnya lemot (lambat), maka penyusunan RAPBD terganggu," ujarnya.

Selain itu, kata dia, semua pegawai di Pemkot Surabaya diharapkan harus konsentrasi dalam menyusun RAPBD. Pasalnya selama ini dinilai kalangan pegawai yang suka "facebook" kinerjanya menurun.

"Apalagi sekarang lagi puncak-puncaknya aktivitas pelelangan yang juga menggunakan internet," katanya.

Namun, kata dia, pihaknya juga akan melakukan evaluasi di tiap-tiap SKPD terhadap pemblokiran tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Surabaya, Yayuk Eko Agustin, mengatakan, pihaknya tidak bisa melihat kinerja pegawai di masing-masing SKPD terkait dengan pemblokiran "facebook" tersebut.

"Saya setuju aja pemblokiran itu, apalagi itu dilakukan pada jam-jam kerja agar pegawai tidak main-main," katanya.

Ia mengaku selama ini mendapatkan laporan dari SKPD terkait dengan hal itu. Namun, pengawasan melekat (waskat) paling efektif tetap berada di masing-masing SKPD.Sumber : Ant

Tidak ada komentar: