09 Mei 2009

Gerbang KDI 6 Mulai Digelar

Sebanyak 40 kontestan akan bersaing untuk merebut 18 tiket menuju  Kontes KDI 6 .

Audisi  KDI 6 di delapan kota telah berakhir. Di setiap kota audisi yakni Bandung, Makassar, Medan, Banjarmasin, Surabaya, Palembang, Yogyakarta, dan Jakarta telah terpilih lima peserta untuk mewakili kota audisinya masing-masing.

Selesainya proses audisi menandakan bahwa seleksi lanjutan untuk mencari para kontestan  KDI 6 segera digelar. Seleksi lanjutan itu kini bernama  Gerbang KDI 6 yang akan disiarkan langsung  TPI setiap hari mulai 7 Mei hingga 16 Mei 2009, pukul 20.00-22.30 WIB.

'' Gerbang KDI 6 merupakan kontes pembuka sekaligus tahapan lanjutan yang harus dilalui oleh 40 wakil dari delapan kota audisi. Dalam tahapan ini, para peserta akan disaring kembali hingga didapatkan 18 kontestan yang berhak melaju ke babak  Kontes KDI 6 ,'' tutur Theresia Ellasari, Humas  TPI , Selasa (5/5).

Diungkapkan Ellasari,  Gerbang KDI 6 akan hadir sebanyak 10 episode. Episode satu sampai delapan diikuti oleh lima peserta dari kota audisi berbeda. ''Dua dari mereka yang berada di posisi teratas, akan lolos ke babak kontes. Bagi peserta yang berada di posisi ketiga pada setiap episode, tak perlu khawatir karena mereka masih memiliki kesempatan kedua,'' jelasnya. Lain halnya dengan peserta yang berada di dua posisi terbawah pada setiap episode, otomatis tersingkir dan pulang ke kotanya masing-masing. Pada episode sembilan dan 10, digelar babak  playoff yang akan meloloskan satu peserta di setiap episodenya.

Berbeda dengan konsep sebelumnya, di  KDI 6 ini tak akan ada lagi komentator. Yang ada adalah penasihat tunggal yakni Bertha. Ia bertugas mengeksplorasi potensi kontestan, memberikan masukan atau kritikan yang bersifat membangun kepada kontestan mengenai cara bernyanyi yang baik dan benar.

Selain penasihat tunggal, hal baru lainnya di  KDI 6 adalah adanya  remote voter yang bertugas menilai penampilan kontestan secara jarak jauh melalui SMS. Dalam hal ini, Rhoma Irama didaulat sebagai  remote voter tetap. Selain Rhoma, ada  remote voter lainnya yakni dua pedangdut yang disesuaikan dengan tema pada episode tersebut.

Pada episode perdana  Gerbang KDI 6 , Rhoma Irama akan hadir. ''Untuk lebih menghidupkan suasana, hadir pula dua orang selebriti yang akan tampil dengan  gimmick-gimmick segar,'' papar Ellasari. Penilaian bagi kontestan pun mengalami perubahan. Pemenang ajang ini ditentukan oleh akumulasi perolehan SMS dari  remote voter dan perolehan SMS dari pemirsa.

Masa karantina
Sebanyak 40 peserta  Gerbang KDI 6 telah berkumpul di Jakarta sejak 30 April lalu. Selama menjalani masa karantina, mereka menetap sementara di Desa Wisata, Taman Mini Indonesia Indah. Bagi peserta yang lolos menjadi kontestan  KDI 6 akan dikarantina selama kurang lebih empat bulan (Mei-Agustus). ''Selama dikarantina nanti, para peserta akan disibukkan dengan berbagai kegiatan sekaligus mendapat beragam pembekalan. Di antaranya latihan vokal, latihan koreografi, kegiatan keagamaan, olahraga, dan lain-lain,'' ujar Ellasari.

Untuk latihan vokal dan koreografi, para peserta dibimbing para pengajar profesional di bidangnya. Zoel Achmad dan Saat dipercaya mengasah kemampuan vokal, sedangkan Arinto (Alpha Plus) dan Ferdinan (On The Spot) didaulat melatih koreografi.Nah, jika Anda memang penyuka dangdut, tentu sayang sekali jika melewatkan  Gerbang KDI 6 . Lewat acara inilah, Anda bisa melihat penampilan bakat-bakat baru di jagat musik dangdut.  rusdy nurdiansyah

http://www.republika.co.id/koran/43/48744/I_Gerbang_KDI_6_I_Mulai_Digelar

Tidak ada komentar: