30 April 2009

Sadis Lewat Adegan Sinetron (Surat Pembaca)

Pada Sabtu, 1 April 2009, saya menyaksikan sinetron Cinta Fitri 3 di SCTV. Dalam salah satu adegan ada yang membuat saya "nyeri" dan membuat bulu roma berdiri. Adegan ini benar-benar di luar perikemanusiaan karena sudah melewati batas kekejaman yang dilakukan manusia. Pada adegan itu, tokoh Misca berniat berbuat sesuatu agar pemeran yang bernama Fitri gagal melahirkan.

Adegan itu diwujudkan dengan cara yang sangat sadis. Memukul perut Fitri berkali-kali dan meremas-remas perut dengan kuat, yang dalam cerita tersebut hamil tujuh bulan. Kemudian menyeret dan mendorong dengan keras sehingga korban menjerit-jerit hingga akhirnya terjadi pendarahan (terlihat darah mengalir di kaki si korban). Adegan tersebut ditayangkan cukup lama dan disorot kamera dengan jelas.

Melihat adegan tersebut, saya benar-benar merasa ngeri dan sudah di luar batas, sampai saya tidak berani melihat. Mungkin hal ini juga dilihat oleh anak-anak yang belum pantas melihat adegan sadis seperti itu. Belum lagi adegan tampar-menampar yang sering diperlihatkan dan bahkan kini menular ke sinetron-sinetron lain. Apakah adegan-adegan seperti itu adalah lumrah dalam kehidupan sehari-hari dan budaya kita?

Mohon yang berwenang lebih memerhatikan adegan-adegan yang sangat sadis. Kepada produser, jangan mentang-mentang sinetron yang dibuat sudah laris sehingga dalam menayangkan melewati batas-batas perikemanusiaan dan moral akal sehat. Mungkin adegan yang kejam dapat digambarkan secara simbolis saja. -- HERIT NASUTION Villa Nusa Indah, Bogor

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/04/30/05045029/redaksi.yth

Tidak ada komentar: