04 Juli 2008

Cinta-Alyssa Jadi Miskin - Dalam Sinetron Upik Abu dan Laura

Dua aktris muda berbakat, Alyssa Soebandono, 16, dan Cinta Laura, 14, berakting bersama dalam sinetron Upik Abu dan Laura. Bagi Cinta, itu merupakan sinetron pertamanya di SinemArt sejak pindah rumah produksi dari MD Entertainment. Bagi Alyssa, sangat mungkin itu menjadi sinetron terakhirnya.

Alyssa saat ini sudah diterima sebagai mahasiswi International Baccalaureate Diploma (IB Diploma). Semester awal (pertama dan kedua) akan dijalani Alyssa di Jakarta International College. Pada semester ketiga dan seterusnya, pendidikan berlanjut di Monash University, Melbourne, Australia. Itu artinya, selama tiga sampai empat tahun, gadis berambut panjang tersebut akan berada di sana. ''Kebetulan ada rumah bude (di Australia),'' ucapnya saat ditemui di lokasi syuting Upik Abu dan Laura di Cirendeu, Tangerang, kemarin (3/7).

Menurut dia, jadwal kuliah akan sangat padat. Kalaupun liburan ke Indonesia, dia tak bisa berlama-lama. Maka, dia tidak yakin akan cukup waktu untuk syuting saat liburan. ''Sangat mungkin ini akan jadi sinetron terakhir aku,'' ungkapnya.

Selain itu, saat di Australia Alyssa berusaha magang. ''Tabungan (hasil akting) tetap disimpan sama mama. Di sana aku pingin mandiri dan cari pengalaman. Terserah kerja apa, mau jaga toko, restoran, apa saja yang penting halal,'' ucapnya. Sebab, kata dia, magang minimal 150 jam menjadi salah satu syarat kelulusan kuliahnya.

Bagi Alyssa, pendidikan memang paling utama. Sebelumnya, pemilik lesung pipit itu cuti syuting selama enam bulan karena fokus ujian nasional. ''Ini baru syuting lagi. Senang rasanya. Tapi, buat aku kerja ya kerja, tapi jangan sampai mengganggu sekolah. Sudah konsekuensi,'' ujar gadis yang lulus SMA Global Jaya usia 16 tahun, lebih cepat dua tahun dibanding kebanyakan orang, itu.

Berbeda dengan Cinta. Bagi dia, peran sebagai Laura di sinetron itu adalah akting pertamanya dengan rumah produksi baru. ''Aku jadi orang kaya banget, suka shopping, traveling. Tapi, nanti ada adegan diusir papaku, terus tinggal di rumah Upik (diperankan Alyssa) yang miskin, lama-lama aku jadi mature,'' jelasnya.

Berakting sebagai orang miskin, meski tidak sepenuhnya, menjadi tantangan tersendiri bagi Cinta. Sebab, selama ini dia identik sebagai orang kaya. ''Ada adegan disuruh menyapu dan menimba air. Awalnya, dia nggak tahu, apa itu nimba? Terus kami tunjukkan sumur dan caranya,'' kata Desiana Larasati, sang sutradara sinetron yang tayang di RCTI itu.- jawa pos 4 juli 2008

Tidak ada komentar: